Tuesday, March 26, 2019

PEMBUKAAN LAHAN DI AREAL LALANG KELAPA SAWIT

Pengendalian lalang dengan herbisida harus menggunakan jenis herbisida yang bersifat sistemik (dapat diserap dan ditranslokasikan ke seluruh jaringan tanaman).  Golongan glifosat  (isopropil  amina  gliphosate)  seperti  Round  Up,  Kleen  Up,  Crash. Aplikasinya dengan cara disemprotkan pada fase pertumbuhan lalang aktif. Adapun tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut : 

1. Semprot I (Sheet Spraying)
Penyemprotan  I  sebaiknya  dilakukan  pada  saat  pertumbuhan  lalang  mencapai tinggi  kira-kira  30–40 cm dari permukaan tanah,  pada saat  dimana metabolisme aktif.  Dosis  bahan  yang  dipakai  adalah  5-6 lt/ha  herbisida  glifosat  dengan kebutuhan volume larutan kurang lebih 450 ltr air. Tenaga kerja yang dipakai adalah 6 HK/ ha. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah : 
- Posisi nozzle maksimal setinggi permukaan lalang
- Penyemprotan dan pengadukan bahan harus merata
- Pakai  knapsack  sprayer  dilengkapi  SMV/CFR/Calibrator  pada  lance (gagang) menggunakan nozel ICI warna  merah
- Jarak/lebar  semburan  antara  satu  penyemprot  dengan  penyemprot  lainnya agar dijaga sehingga tidak ada lalang yang tertinggal
- Saat pengisian ulang alat semprot pada setiap titik diberi tanda atau bendera (flagging) untuk mencegah agar lalang tidak tersemprot dua kali
- Bila  selesai  penyemprotan  turun  hujan  kurang  dari  6  jam  setelah penyemprotan, maka penyemprotan harus diulangi.

2. Semprot II (Spot Spraying)
Penyemprotan  II dilakukan  3-4  minggu  setelah  penyemprotan  I, dengan dosis 1–2 lt/ha dan dilarutkan dalam air sebanyak 150–300 lt.  Kebutuhan tenaga kerja 1–2 HK/ha.

3. Wipping Lalang (Intensive)
Pekerjaan  wipping  lalang dikerjakan  3 minggu  setelah pekerjaan  spot spraying, tujuannya  adalah  melakukan  penyapuan  terhadap  lalang  yang  masih  tertinggal pada tempat-tempat tertentu. Tahapan pekerjaan wipping adalah sebagai berikut:
- Wipping 1  :  0,15 lt/ha Round up dengan 0,5 HK/ha
- Normal Wipping  :  0,10 lt/ha Round up dengan 0,4 HK/ha
Pusingan satu kali sebulan untuk tahun pertama
Gulma Lalang

No comments: